Selasa, 20 November 2012

Bahan Kimia yang Efektif untuk Laboratorium Pendidikan

Kebanyakan laboratorium pendidikan selalu membuang uang untuk membeli bahan-bahan kimia yang diperlukan untuk praktikum dengan jumlah yang tidak sedikit. Tak tanggung-tanggung, banyak laboratorium pndidikan juga membeli bahan-bahan kimia yang kandungannya pure hingga 99%. Hal tersebut cukup menyesalkan mengingat tujuan laboratorium pendidikan tidak sama seperti laboratorium untuk industri ataupun penelitian.  Jika untuk laboratorium penelitian dibutuhkan bahan kimia pure untuk sebuah percobaan dan memiliki konsekuensi hasil yang dituntut akurat, maka konsekuensi berbahaya nya pun tinggi, karena itu setiap laboratorium penelitian harus dilengkapi dengan alat pengaman.

Lain halnya untuk laboratorium pendidikan yang memberikan pengajaran dan pengenalan proses kimia kepada murid-murid. Tak perlu menggunakan bahan kimia yang pure 99% jika hanya untuk menguji atau mengamati perubahan kimia atau proses kimia dan sebagainya. Mengapa? hal tersebut dikarenakan bahwa penggunaan bahan kimia yang pure (tinggi konsentrasi nya) itu rentan bahaya, apalagi bila digunakan dalam laboratorium yang sebagian besar minim perlengkapan pengamanan bahaya. lalu bila membeli bahan kimia tak usah membeli banyak-banyak. karena bahan kimia  ini juga memiliki batas waktu penggunaan. bila dalam lab pendidikan yang dibutuhkan hanya satu sendok teh saja, sementara bahan-bahan kimia itu yang tersisa masih begitu banyak. banyak yang beralasan membeli banyak agar dapat dipakai sampai beberapa tahun. Hal tersebut adalah tindakan mubazir dan boros karena harga bahan kimia pure sangat tinggi.

untuk itulah, apa salahnya bila bahan kimia yang pure 99% itu diganti dengan bahan kimia kualitas teknis 90%? toh perbedaan konsentrasi tidak terlalu jauh. dan kalau menggunakan pure 99%, harga nya berkali-kali lebih mahal dibandingkan dengan bahan kimia kualitas teknis. lagi pula laboratorium pendidikan menggunakan bahan kimia kualitas teknis saja, sudah dapat mencapai tujuan lab pendidikan.  

berikut beberapa analogi bahan kimia kualitas pure dengan teknis yang mudah dicari
1. NaOH = SODA API (bisa didapatkan di toko material)
2. H2SO4= Accu Zur (bisa didapatkan di bengkel atau toko service kendaraan bermotor)
3. MgOH = obat magh (banyak di jual di toko-toko)
4. CH3COOH = cuka 
5. HCl = pembersih porselen 
6. NaCO3 = Baking Powder
7. indikator PH (lakmus merah, biru, PH universal) = indikator PH alami (asam basa sari bunga; kembang                sepatu merah; rosela merah ; mawar merah)
  contoh bahan kimia di atas merupakan beberapa contoh bahan kimia yang sering ditemukan dalam praktikum. Sebenarnya masih banyak contoh analogi yang tersebar di lingkungan sekitar kita. hanya saja kita jarang menyadari hal itu. 

semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar